Fakta Tentang Mawar Juliet yang Harganya Mencapai Miliaran

mawar juliet

Mawar Juliet

Cara merawat mawar Juliet sebenarnya sangat mudah. Asalkan Anda menyiramkan dengan konsisten, sebenarnya bunga mawar sudah bisa tumbuh dengan  baik. Mawar sendiri adalah salah satu jenis tanaman semak dari keluarga Rosaceae.


Tanaman ini memiliki banyak macam warna, paling dikenal adalah mawar merah, putih, kuning, dan merah muda. Bahkan ada satu macam warna yang jarang diketahui yaitu berwarna ungu.


Sekilas Tentang Mawar Juliet

Mawar Juliet atau dikenal sebagai Juliet rose adalah bunga cantik dengan harga mencapai puluhan miliar. Seorang pengembang bunga tersebut, yakni David Austin mengatakan bahwa konon untuk membudidayakan bunga ini membutuhkan dana 200 miliar. Serta bunga ini tidak bisa mekar dan tumbuh di sembarang tempat.


Baca Juga: 5 Cara Merawat Bunga Ivy Serta Manfaatnya


Pada tahun 2006 bunga ini dikenalkan pertama kali pada acara Chelsea Flower Show. Karena kecantikannya bunga ini langsung diterima baik dan terkenal. Tak main-main bunga ini dibanderol dengan harga 3 juta poundsterling atau sekitar Rp50 Miliar.


Orang-orang menggunakan bunga ini untuk berbagai kebutuhan seperti acara keagamaan, sebagai buket saat pernikahan, hingga hiasan rumah. Bunga ini bisa Anda beli mulai dari 10 tangkai dengan harga relatif naik setiap harinya.


Nah, sekarang sudah tahu kan tentang mawar Juliet. Selanjutnya akan kami paparkan cara merawat bunga mawar secara umum.


Baca Juga: Begini Cara Menanam Bunga Yasmine


Cara Merawat Bunga Mawar

1. Cara penyiraman

Poin terpenting dalam merawat tanaman ialah proses penyiraman. Selain sebagai sumber kebutuhan, penyiraman juga penting untuk mempercepat larutnya unsur hara yang akan diserap oleh tanaman.


Idealnya Anda bisa menyiram tanaman sebanyak 2 kali sehari pada jam 7-9 di padi hari dan jam 4-6 di malam hari. Jumlah air yang disiramkan bisa Anda sesuaikan dengan keadaan, jika musim hujan maka sebaiknya menyiram lebih sedikit.


Baca Juga: Cara Mudah Menanam Bunga Teratai Raksasa di Kolam


2. Pangkas batang dan daun secara rutin

Selain penyiraman, Anda juga bisa memangkas batang dan daun secara rutin. Karena hal tersebut juga berpengaruh pada proses pertumbuhan bunga mawar. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, bunga mawar Anda bisa tumbuh dengan subur.


Baca Juga: Ini Dia 3 Cara Menanam Bunga Honje Dengan Mudah


3. Pemberian pupuk

Selanjutnya adalah proses pemberian pupuk. Memberikan pupuk memiliki tujuan agar tanaman tumbuh subur. Pupuk yang disarankan adalah pupuk kandang seperti kotoran sapi dan kambing.


Selain itu, Anda juga bisa memberikan pupuk kimia seperti NPK yang mengandung banyak nigtrogen untuk pertumbuhan daun, fosfor baik untuk akar, dan kalium untuk pembungaan.

 

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Senggani Dengan Teknik Cangkok


4. Sinar matahari yang cukup

Sama seperti tanaman pada umumnya, bunga mawar juga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk menghasilkan zat makanan bagi tanaman. Waktu yang disarankan untuk menjemur tanaman ini ialah jam 6-10 pagi.


Biasanya para petani yang terbiasa membudidayakan bunga mawar memberikan jaring-jaring di atas tanaman tersebut agar paparan cahaya matahari tidak diterima langsung. Step nomor 4 ini juga penting Anda perhatikan.


Baca Juga: 7 Rekomendasi Bunga Menjalar Cocok untuk Halaman Rumah


5. Membersihkan gulma

Cara lain agar bunga mawar bisa cepat berbunga ialah bebaskan ia dari gulma. Semua rumput-rumput pengganggu harus rajin Anda bersihkan agar tidak mengurangi nutrisi pada tanaman. Mengecek apakah terdapat gulma atau tidak sebaiknya Anda lakukan sejak proses awal penanaman bunga.


Baca Juga: Bunga Bangkai: Keunikan, Konservasi, dan Masa Depan yang Menjanjikan


6. Mengendalikan hama dan penyakit

Setiap tanaman pasti tidak bisa lepas dari hama dan penyakit. Oleh karena itu Anda bisa menyemprotkan insektisida atau racun serangga pada tanaman.


Demikianlah sedikit paparan tentang mawar Juliet serta cara merawat bunga mawar. Semoga membantu!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama