7 Rekomendasi Bunga Menjalar Cocok untuk Halaman Rumah

bunga menjalar


Bunga Menjalar

Pasti Anda pernah melihat halaman depan atau belakang rumah seseorang dipenuhi oleh bunga menjalar. Sangat indah bukan? Apalagi jika terawat dan rajin dipangkas. Selain enak dipandang, tanaman tersebut juga bisa membuat rumah Anda menjadi teduh dan asri. 


Ada banyak sekali pilihan spesies dari tanaman menjalar tersebut. Baik menjalar pada dinding ataupun atap pergola yang bisa dipilih sesuai desain rumah Anda. Tanaman menjalar biasanya hanya terdiri dari daun bahkan ada yang berbunga.

 

Baca Juga: Bunga Bangkai: Keunikan, Konservasi, dan Masa Depan yang Menjanjikan


Rekomendasi Bunga Menjalar

1. Bougenville

Bunga ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bougenville sendiri gampang tumbuh meski tidak disiram setiap hari. Sesuai namanya, tanaman tersebut memiliki bunga yang sangat tipis seperti lembaran kertas.


Selain itu, bougenville juga tanaman hias tanam panas sehingga sangat cocok jika Anda tempatkan di pagar rumah atau halaman belakang. Kendati demikian, bunga ini memiliki batang yang berduri sehingga bisa saja melukai tangan Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki anak kecil maka tidak direkomendasikan menanam bunga tersebut.

 

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Bidadari Agar Tumbuh Subur


2. Air mata pengantin

Selanjutnya tanaman menjalar yang bisa Anda pertimbangkan adalah air mata pengantin. Berbeda dengan namanya, bunga ini justru sangat indah serta terdiri dari warna merah dan putih. Sangat cocok jika Anda tempatkan di dinding rumah. Selain itu, tanaman cantik ini mampu menangkal perubahan iklim yang bisa membuat tembok rapuh.


Uniknya lagi, tanaman ini memiliki daun yang lebat sehingga jika musim penghujan datang air tidak akan menyerap.

 

Baca Juga: Cara Mudah Menanam Bunga Keladi Malaysia agar Tumbuh Subur


3. Sirih merah

Selain menjadi tanaman rambat, bunga ini juga bisa dijadikan obat herbal, lho. Daunnya yang lebat akan sangat cantik jika Anda taruh di pagar rumah. Selain enak dipandang, juga akan membawa efek sejuk pada sekitarnya.


Namun, jika Anda mulai menanam tumbuhan ini, pastikan untuk mengikat akarnya karena mereka tidak menempel secara kuat.


Baca Juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga 3 Bulan Serta Fakta Menariknya!


4. Tanaman dollar

Memilih nama ilmiah ficus pumila, tanaman dolar sangat enak dipandang karena daunnya yang hijau segar. Selain itu, tanaman ini juga memberikan kesan yang teduh dan sejuk. Apalagi karena kesuburannya, tanaman ini bisa bertahan sepanjang tahun.


Tanaman dollar memiliki akar yang kuat sehingga aman jika Anda taruh di dinding atau tembok pagar rumah. Untuk merawatnya, Anda cukup memangkasnya ketika sudah merambat secara berlebihan.


Baca Juga: Cara Menanam Bunga Kembang Pagi Dengan Teknik Stek Batang


5. Sirih gading

Tanaman rambat yang tak kalah cantik adalah sirih gading. Tanaman ini dikenal dengan nama photos dan merupakan tanaman populer di kalangan masyarakat. Selain itu, bunga ini bisa ditempatkan dimana saja seperti tembok, menggunakan turus, termasuk batang pohon. Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa tumbuh di air, lho.


Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 11 Bagian-bagian Bunga serta Fungsinya


6. Alamanda

Tanaman rambat cantik dengan bunga indah adalah bunga alamanda. Memiliki bentuk terompet dengan variasi warna bermacam-macam, sangat cocok untuk menambah kesan manis pada rumah Anda.


Asalkan ditempatkan pada media tanaman yang kuat, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dan berbunga sepanjang tahun. Selain itu, perawatan pada bunga ini sangat ekstra, seperti memangkasnya secara rutin dan pastikan tak ada daun gugur yang menyangkut atau membusuk di rimbunnya daun.


Baca Juga: Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Cempaka Kuning


7. Morning glory

Memiliki banyak macam spesies dan varian warna, tanaman ini bisa Anda jadikan pilihan untuk mempercantik rumah. Tanaman ini sangat terkenal di kalangan pencinta tanaman hias karena memberikan kesan yang sejuk dan segar.


Seperti namanya, tanaman ini hanya mekar di pagi hari. Selain itu, cara perawatannya juga sangat mudah. Anda bisa menyiramnya seminggu sekali dan memberikan pupuk setiap 2,5 bulan sekali.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi tanaman menjalar yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghiasi rumah. Semoga bermanfaat!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama