Tips & Trik Agar Anggrek Cepat Berbunga | 100% Berhasil!

agar anggrek cepat berbunga


Tips Agar Anggrek Cepat Berbunga - Anggrek menjadi salah satu bunga atau tanaman hias yang banyak disukai dan digemari oleh masyarakat sedunia, termasuk Indonesia. Hal ini karena memang, bunga anggrek memiliki bentuk yang sangat indah dan menawan. Bahkan, ia mempunyai jenis yang lebih dari 25.000 loh.


Hanya saja, lambat laun, jenisnya terus berkurang. Bahkan belakangan ini, ulah manusia yang serakah menjadikan jenisnya berkurang sangat banyak. Sayangnya, bunga satu ini tergolong bunga yang agak sulit untuk dirawat.


Sehingga, tak sedikit di antara Anda yang mencari berbagai informasi mengenai bagaimana cara agar anggrek cepat berbunga. Ia kan? Jika Anda juga tengah mencari informasi seputar cara agar anggrek cepat berbunga, maka Anda dapat melakukan beberapa cara berikut.


Jenis Bunga Anggrek

Memiliki tanaman bunga anggrek yang berbunga lebat merupakan dambaan semua orang. Karena bisa menambah warna pada taman. Nah, di Indonesia sendiri, terdapat 4000 an lebih jenis bunga anggrek loh.


Di mana, jenis-jenis tersebut tersebar ke berbagai pulau. Mulai dari Kalimantan, Papua, Sulawesi, Jawa, dan yang lainnya. Jadi, meskipun secara tampilan bunga anggrek terlihat sama, sejatinya, mereka memiliki banyak jenis.


Bagi seorang pemula, Anda pasti kerap merasa gelisah dikarenakan tanaman anggrek yang tidak juga berbunga. Ya karena proses perawatannya memang agak gampang-gampang susah. Nah, nama latin dari bunga Anggrek ini adalah Orchidaceae.


Ia bisa ditemukan di hutan gelap, lereng terbuka, batu karang yang terjal, pantai yang harus pasang surutnya cukup tinggi. Bukan hanya itu saja, tanaman satu ini bahkan bisa ditemukan di tepi gurun pasir loh. 


Salah satu anggrek yang sangat terkenal adalah anggrek bulan atau phalaenopsis amabilis. Jenis tanaman anggrek satu ini memiliki julukan puspa pesona, dan dijadikan sebagai bunga nasional.


Cara Agar Anggrek Cepat Berbunga

Bagi Anda yang dibuat bingung dengan tanaman anggrek yang tidak kunjung berbunga, coba deh melakukan cara agar anggrek cepat berbunga berikut:


Intensitas Matahari

Cara agar anggrek cepat berbunga yang pertama ialah dengan memperhatikan intensitas cahaya matahari. Sebagaimana kita ketahui, bahwasanya nyaris semua jenis tumbuhan membutuhkan cahaya atau sinar matahari dengan jumlah yang cukup tinggi.


Tidak terkecuali tanaman bunga anggrek ini. Karena sinar matahari merupakan sumber energy dalam proses memasak makanan, atau fotosintesis. Nah, fotosintesis inilah yang nantinya akan menghasilkan energi yang sangat bermanfaat bagi seluruh bagian-bagian tumbuhan anggrek.


Baik bagian bunga, daun, batang, biji, atau yang lainnya.  Bahkan, sinar matahari bukan hanya sekedar untuk proses fotosintesis saja, tapi juga untuk membentuk dan juga memperbaiki bagian tanaman sekiranya ada yang rusak, dan bisa juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.


Untuk jumlah atau intensitasnya berbeda-beda ya. Tergantung dengan jenis bunga anggrek yang Anda tanam. Tapi yang jelas, semua anggrek membutuhkan sinar matahari.


Sirkulasi Udara

Cara agar anggrek cepat berbunga yang kedua adalah dengan memperhatikan sirkulasi atau pertukaran udara. Tanaman  cantik satu ini merupakan tipe tanaman yang hanya dapat tumbuh maksimal ketika berada di tempat dengan sirkulasi udara yang sangat baik.


Nah, adapun udara terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan anggrek ialah udara yang bisa berhembus  pelan tapi terus menerus. Atau, yang bisa dikenal dengan angin sepoi-sepoi. Maka, usahakan untuk meletakkan tanaman hias satu ini di tempat yang sirkulasi udaranya baik.


Ketinggian Tempat

Pada umumnya, tanaman yang cantik nan indah ini bisa hidup dengan sangat baik di wilayah tropis. Meskipun demikian, Anda meski tahu, bahwasanya ketinggian tempat tumbuhnya tanaman satu ini terbagi 3, yaitu sebagai berikut :


  1. Yang pertama ialah anggrek yang dapat tumbuh di dataran sedang. Yakni yang ketinggiannya adalah 501 sampai 1000 m dpl, Adapun jenis yang dapat hidup dengan ketinggian ini adalah Oncidium, Cattleya. Dendrobium, Phalaenopsis.
  2. Yang kedua, adalah tanaman bunga anggrek yang bisa hidup di dataran tinggi. Yaitu ketinggian 1.001 m dpl. Jenis tanaman yang hidup di dataran tinggi ini ialah Miltonia, Cymbidium, Paphiopedilum.
  3. Yang ketiga, tanaman yang bisa hidup di dataran rendah. Ketinggiannya hingga 500 m dpl. Jenis anggreknya ialah Arachnis, Vanda, dan Renanthera.

Penyusunan Bunga Anggrek

Jika berharap tanaman hias satu ini bisa berbunga dengan cepat dan terus menerus, maka Anda meski memerhatikan penyusunannya.


Dalam penyusunannya, usahakan untuk menyusun rak yang diletakkan secara datar di ketinggian 1 m, dan juga tidak meletakkannya berjenjang. Hal ini karena bisa membuat pertukaran udaranya menjadi terganggu.


Kelembaban Udara

Cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan kelembaban udara. Tanaman anggrek membutuhkan kelembaban yang tidak kurang dari angka 70 persen.


Dengan tingkat kelembapan yang berada di atas angka 50 persen ini, tanaman anggrek akan tumbuh dengan maksimal. Maka, pastikan bahwa kelembaban tanaman Anggrek Anda minimal 70 persen agar cepat berbunga dan tumbuh maksimal.


Konstruksi Pot

Dalam menanam anggrek, Anda juga meski memperhatikan pot yang digunakan. Karena pot sangat berpengaruh terhadap tanaman tersebut.


Adapun pot yang idel ialah pot yang memiliki banyak lobang dan terbuat dari tanah liat. Untuk mendapatkan pot yang ideal tersebut tergolong tidak begitu sulit kok. Karena banyak dijual di pasaran.


Faktor Genetis

Cara agar anggrek cepat berbunga yang tidak kalah pentingnya dengan cara-cara di atas adalah memperhatikan faktor genetisnya. Di mana, pertumbuhan tanaman bunga anggrek juga sangat ditentukan oleh faktor genetisnya.


Apa itu faktor genetis? Sederhananya, faktor ini adalah faktor yang diturunkan induk tanaman anggrek kepada anaknya. Faktor inilah yang nantinya akan membedakan antara satu anggrek dengan anggrek yang lain.


Hal yang paling menarik adalah, terdapat beberapa jenis tanaman anggrek yang memang tergolong rajin berbunga, kemudian bunganya berukuran besar, ada juga yang kecil. Nah selain itu, ada pula yang jarang berbunga, tubuhnya tinggi, pendek, dan lain sebagainya.


Sehingga, ketika ingin mendapatkan tanaman anggrek yang cepat berbunga, Anda perlu memperhatikan jenis atau faktor genetis tanaman anggreknya.


Pemupukan

Cara yang terakhir adalah pemupukan. Bagaimanapun, tanaman cantik ini juga membutuhkan nutrisi dari pupuk. Adapun pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek adalah pupuk yang kandungan unsur hara P nya cukup tinggi.


Nah, untuk melakukan proses pemupukannya, Anda dapat memberikannya lewat penyiraman ataupun penyemprotan. Dalam melakukan pemupukan, Anda dapat menggunakan pupuk slow rilis, Cara mengaplikasikannya adalah dengan menaburkan pupuk tersebut ke media tanam.


Nah, demikian beberapa cara agar anggrek cepat berbunga. Anda dapat mulai mempraktekkannya dari sekarang agar tanaman anggrek Anda segera berbunga. Oh ya, hal yang tidak kalah pentingnya adalah, jangan lupa untuk melakukan pengendalian hama ya.


Karena tanaman satu ini juga berisiko terserang penyakit dan hama. Maka, agar ia tetap tumbuh sempurna, berbunga yang cepat dan lebat, lakukan pengendalian yang tepat. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama