Tips & Trik Cara Membuat Donat Kentang Super Lezat

cara membuat donat kentang

Donat merupakan camilan yang sangat banyak disukai oleh anak-anak. Terlepas dari rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan halus juga membuat donat jadi camilan yang enak. Biasanya, donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega, dan gula.


Namun, saat ini sering juga kita temui donat yang di modivikasi dengan mengganti tepung terigu dengan kentang. Pasalnya donat yang di buat dari bahan kentang ini dapat memberikan tekstur yang jauh lebih empuk daripada donat yang menggunakan adonan tepung terigu.


Mengapa Donat Itu Bulat ?

Namun yang menjadi pertanyaan saya adalah mengapa bentuk donat harus memiliki lubang di tengahnya?. Menurut salah satu media yang saya baca, bolong di tengah pada donat itu bisa ada karena dahulu ada seorang kapten kapal bernama Hanson Gregory yang sedang menikmati kue goreng sambil mengemudikan kapal.


Namun pada saat itu sedang terjadi badai dan menyebabkan sangkapten harus segera mengendalikan kemudi kapal dengan sigap. dikarenakan pergerakan sangkapten yang sigap sehingga menyebabkan kue goreng itu tertusuk kemudi kapan dan meyebabkan lubang pada bagian tengah kue tersebut. Itu tadi cerita singkat asal mula donat yang memiliki lubang pada tengahnya hehehe... 


Sedangkan Menurut kaum ibuk-ibuk zaman Now saat ditanya mengapa donat memiliki lubang pada tengahnya adalah agar donat yang di goreng lebih mudah matang secara merata dan tidak terlalu boros minyak ya Bun, memang ibuk-ibuk ini mau yang irit-irit saja ya hehehe...


Pasti udah pada gak sabarkan pengen tau gimana sih cara membuat donat kentang yang super duper lezat ini? Oke tanpa banyak basa basi langsung aja kita bahas cara membuatnya.


Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Donat

utnuk menghasilkan 10 porsi donat kentang di butuhkan bahan-bahan sebagai berikut :


1. Sediakan Tepung terigu protein tinggi - 300 gram

Tepung terigu ini berfungsi untuk membentuk struktur atau tekstur pada donat, sebagai sumber protein dan karbohidrat. Wajarnya tepung terigu ini di buat dari biji gandum yang di haluskan. Tepung ini memiliki warna yang putih bersih. Karena di buat dari gandum, menjadikan tepung ini kaya akan karbohidrat, mineral, vitanim, dan serat. Namun untuk Bunda yang alergi pada gluten (sejenis protein yang terdapat dalam gandum) bisa mengganti tepung terigu ini dengan tepung yang lainnya.


2. Kentang, kukus dan haluskan - 150 gram

Mengapa Kentang? Yups, selain rasa kentang yang terlalu nikmat jika di jadikan olaha, Bunda juga mengetahui bahwa buah yang satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Seperti: sebagai sumber energi yang baik, dapat menyehatkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, membuat perut kenyang lebih lama dan meningkatkan fungsi otot dan syaraf.


3. Telur - 1 butir

Bahan Selanjutnya adalah telur. Bunda cukup menambahkan satu butir telur untuk membuat 10 porsi adonan donat ini. Telur di perlukan untuk untuk membuat donat menjadi lebih empuk dan gurih. Semakin banyak kuning telurnua, maka semakin empuk pula donatnya. Nah bunda rahasia untuk membuat donat empuk adalah terletak pada kuning telurnya. Usahakan kuning telur lebih banyak dari pada putihnya. 


4. Margarin - 30 gram

Bunda pastikan memilih margarin atau mentega yang terbaik. Pastinya Bunda tidak mau dong donatnya gagal jadi karena di sebabkan pemilihan margarin yang asal. Margarin atau mentega ini berfungsi umtuk membuat tekstur donat menjadi lebih lembut.


5. Gula pasir - 35 gram

Selain memberikan rasa manis pada donat, ternyata gula pasir juga berperan besar dalam menciptakan kelembaban dan terkstur donat. Lapisan gula pasir bisa memberikan efek renyah dan gurih ketika di gigit.


6. Susu bubuk - 15 gram

  • Ragi instan - 6 gram
  • Garam - 1 sdt
  • Air es - 75 ml
  • Minyak untuk menggoreng - secukupnya.


BAHAN TOPPING:

  • Coklat masak atau DCC (Dark Cooking Chocolate), lelehkan - 150 gram
  • Mises coklat dan warna-warni - secukupnya
  • Gula donat - secukupnya.


Langkah Membuat

  • Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata.
  • Tambahkan kentang. Aduk rata.
  • Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  • Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis.
  • Diamkan adonan 15 menit.
  • Kempiskan adonan. Bagi adonan menjadi masing-masing 30 gram dan bulatkan
  • Diamkan 10 menit.
  • Ambil satu bulatan, pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Taruh berjejer (beri jarak untuk mengembang) di atas loyang yang sudah ditabur tepung sebelumnya. Diamkan 45 menit sampai mengembang maksimal.
  • Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Goreng donat sampai matang.
  • Tiriskan dan dinginkan.
  • Beri topping sesuai selera.


Tips Jika Mengalami Kesulitan

  1. Jika kesulitan membulati adonan, bisa menggunakan cetakan donat sehingga hasilnya seragam.
  1. Jangan memasukkan donat terlalu banyak saat dalam sekali menggoreng. Pakai GM Bear Set Panci Merah isi 3 pcs (Lihat di Lazada DISKON) untuk menggoreng donat karena dapat menghantar panas merata ke seluruh bagian donat sehingga matang dengan sempurna.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama