Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Cempaka Kuning

Bunga Cempaka Kuning

Diatara sekian banyaknya jenis tanaman hias yang di pilih masyarakat, terdapat salah satu tanaman yang tak kalah indah yaitu bunga cempaka kuning. Indonesia sendiri menjadi salah satu habitat alami bunga ini.


Sebab bunga cempaka hanya tumbuh dan berkembang biak pada lingkungan yang memiliki iklim tropis serta suhu yang hangat. Tidak heran, di Indonesia terdapat banyak tanaman ini. Selain itu, Anda bisa menemukan bunga cempaka di India dan Negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Filipina.


Bagi Anda yang memiliki tanaman ini dirumah atau ingin memulai menanamnya. Berikut akan kami paparkan cara mudah menanam dan merawat bunga cempaka kuning. Simak artikel ini sampai akhir ya.


Cara Mudah Menanam Bunga Cempaka Kuning

Menanam cempaka kuning tidaklah terlalu sulit meski bagi kita yang seorang pemula sekalipun, namun tetap tidak boleh di anggap remeh. Karena jika gagal maka bunga yang kita tanam akan mati.


1. Persiapkan Bibit Tanaman Cempaka

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah pembibitan tanaman cempaka. Siapkanlah bibit yang baik agar menghasilkan tanaman yang baik pula. Oleh karena itu, pastikan bibit yang Anda hasilkan memiliki kualitas baik dan layak tanam.


Jika Anda ingin mempersiapkan bibit dengan sistem cangkok. Maka pilihlah tanaman cempaka yang sudah berumur 3 tahun lebih. Selain itu, Anda juga bisa membeli bibit ke toko langsung.


2. Semai Bibit Tanaman Cempaka

Berikut adalah cara penyemaian bibit tanaman cempaka:

  • Siapkan benih tanaman cempaka
  • Siapkan wadah berupa pot atau polybag sebagai tempat semai. Kemudian isilah wadah tersebut dengan tanah campuran pupuk kompos dengan perbandingan 1:1
  • Pastikan bagian wadah telah Anda lubangi
  • Masukkan bibit dengan hati-hati lalu tutupi kembali dengan tanah
  • Sebaiknya Anda melakukan penyiraman secara konsisten 2 kali sehari pada siang dan malam hari
  • Bila bibit telah tumbuh mencapai 30-35 cm, maka Anda harus memindahkan tanaman pada wadah yang lebih besar.
  • Menanam Tanaman Cempaka


Setelah menyiapkan bibit dan telah melakukan penyemaian, saatnya Anda menanam tanaman cempaka pada lahan yang diinginkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan lahan sudah bersih dan terhindar dari tanaman pengganggu
  • Lakukan proses penggemburan dan pemupukan pada lahan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bunga cempaka yang akan Anda tanam memiliki nutrisi yang tercukupi
  • Buatlah bandengan agar tidak terjadi penyusutan tanah saat musim hujan
  • Bulat lubang untuk menaruh bunga cempaka dengan ukuran 50x50x50 cm
  • Masukanlah bunga cempaka  dengan hati-hati


Cara Merawat Bunga Cempaka Kuning

Selesai, kini Anda sudah berhasil menanam bunga cempaka dengan baik. Berikutnya akan kami paparkan cara merawat bunga cempaka kuning dengan benar. Ini langkah-langkahnya:

1. Penyiraman

Setelah menanam bunga cempaka, kini yang harus Anda lakukan adalah menyiram secara konsisten dan secukupnya. Idealnya Anda bisa melakukan sehari 2 kali pagi dan sore. Ketika tanaman telah berusia 1 tahun, Anda bisa menyiram secukupnya saja.

2. Memberikan pupuk

Anda bisa memberikan pupuk saat awal musim hujan dan saat tiba masa kemarau

3. Pemangkasan

Pemangkasan pada bunga cempaka bisa Anda lakukan setelah memberikan pupuk. Anda bisa melakukan pemangkasan setiap satu tahun sekali kemudian semprotkan cairan pestisida. Kemudian jika tanaman terlihat tidak sehat Anda boleh memberikan obat tanaman.

4. Saatnya panen bunga cempaka

Rata-rata bunga cempaka bisa dipanen saat tanaman telah berusia 1 tahun. Anda bisa melakukan panen dengan memetiknya langsung atau menggunakan galah. Saat menggunakan galah, usahakan hati-hati takut merusak ranting bunga. Demikianlah cara menanam dan merawat bunga cempaka kuning dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama