Yuk, Kenalan dengan 11 Bagian-bagian Bunga serta Fungsinya

11 bagian bagian bunga

Bukan hanya memberikan keindahan saja, bunga juga memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya proses penyerbukan pada tumbuhan. Serta melakukan perkembangbiakan generatif melalui prosesnya. Bukan hanya itu saja, terdapat 11 bagian-bagian bunga lainnya yang tak kalah memiliki fungsi penting.


Sederhananya, bunga adalah organ reproduksi pada tumbuhan seperti mawar, kembang sepatu, jagung, dan masih banyak yang lainnya. Agar Anda lebih memahami fungsi bagian-bagiannya secara detail. Simak artikel ini sampai akhir ya.


Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya


1. Kelopak bunga

Kelopak bunga memiliki nama latin calyx adalah bagian terluar berwarna hijau seperti daun atau agak coklat.


Kelopak bunga memiliki fungsi melindungi mahkota saat kuncup, bagian ini akan membuka saat bunga mahkota mekar sepenuhnya. Bisa dibilang kelopak bunga adalah modifikasi dari daun.


2. Mahkota bunga

Bagian ini paling umum dan banyak dikenali karena berukuran besar serta memiliki warna yang mencolok. Mahkota bunga berfungsi sebagai pembantu dalam proses penyerbukan bunga dengan cara memikat serangga untuk hinggap.


Selain itu, mahkota bunga juga berfungsi melindungi alat reproduksi bunga (benang sari dan putik). Kelopak pada mahkota bunga biasanya tumbuh 5 helai dan melingkar dalam kelopak bunga.


3. Putik

Putik terdiri dari kepala putik, tangkai putik dan bakal buah yang merupakan alat reproduksi betina.


4. Kepala putik

11 bagian-bagian bunga lainnya adalah kepala putik. Bagian ini adalah alat reproduksi bunga betina atau bisa disebut gynoecium. Oleh sebab itu, bagian ini banyak mengandung sel telur untuk bereproduksi.


Posisinya terletak di tengah bunga dan terdiri dari tiga bagian yaitu stigma, kepala putik, dan ovarium.


5. Tangkai putik

Tangkai putik adalah penghubung antara kepala putik dengan ovarium. Selain itu, tangkai putik juga berhasil menyangga kepala putik agar bisa berdiri tegak.


6. Benang sari

Terdapat 2 organ reproduksi pada bunga yaitu putik dan benang sari. Bagian ini merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari kepala sari, serbuk sari, dan tangkai sari.


Bagian ini bekerja dengan cara melepaskan serbuk sari dengan bantuan serangga, angin, air lalu serbuk sari menempel pada putik bunga yang lain.


7. Bakal biji

Bagian bunga yang lainnya adalah bakal biji. Bagian ini banyak ditemukan pada tumbuhan berbiji. Sedangkan bunga bakal biji bertugas melindungi sel telur dan menjadi tempat pertemuan sel telur yang akan dibuahi.


8. Bakal buah

Setelah bakal biji, terdapat bakal buah. Keduanya memiliki tempat yang saling berkaitan. Sehingga bagian ini memiliki fungsi penting hingga diklasifikasikan menjadi komponen sendiri. Pada bagian inilah terjadi pembuahan yaitu proses peleburan antara sel telur jantan dan betina.


9. Dasar bunga

11 bagian-bagian bunga yang lain adalah dasar bunga. Dasar bunga adalah tempat mahkota dan komponen bunga yang lain berada. Serta menahan semua komponen agar tetap utuh meski diterpa angin.


Jika diibaratkan dasar bunga adalah pondasi bagi yang lain.


10. Daun pelindung

Bagian bunga yang satu ini tidak dimiliki oleh semua bunga. Daun pelindung memiliki fungsi sebagai tempat mahkota bunga atau tempat tumbuhnya kuncup bunga melekat.


11. Tangkai bunga

Seperti dasar bunga, tangkai memiliki fungsi penyokong atau sebagai penghubung antara ranting dan bunga. Tangkai bunga memiliki panjang yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Nah, itu dia 11 bagian-bagian bunga yang bisa Anda ketahui secara seksama. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama