Cara Menanam dan Merawat Bunga 3 Bulan Serta Fakta Menariknya!

bunga 3 bulan

Bunga 3 bulan memiliki nama lain bunga hydrangea. Di Indonesia, bunga ini dikenal sebagai bunga bokor. Memiliki kembang bunga yang besar serta warna yang cantik membuat bunga ini banyak dicintai orang-orang. Pilihan warnanya sendiri ada putih, merah jambu, ungu, dan biru muda. Uniknya, kadang satu pohon bisa memiliki warna bunga yang berbeda.


Perubahan warna bunga hydrangea dikarenakan pH tanah. Tanah yang asam dengan pH kurang dari 5,5 bisa tumbuh dengan bunga warna biru, sedangkan tanah yang pH nya lebih dari 5,5 bisa tumbuh dengan bunga merah muda. Kemudian, bunga warna putih tidak terpengaruh oleh pH tanah.


Baca Juga: Cara Menanam Bunga Kembang Pagi Dengan Teknik Stek Batang


Agar Anda tak Cuma mendengar keindahannya saja, berikut kami paparkan cara menanam bunga hydrangea yang benar. Simak artikel ini baik-baik ya.


Cara Menanam Bunga 3 Bulan

Meskipun memiliki bunga yang sangat indah, ternyata proses menanam bunga ini tidaklah sulit. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih jenis bunga 3 bulan yang ingin Anda tanam
  2. Kebanyakan dari bunga ini menyukai tanah yang subur, lembab dan berpori. Jangan lupa tambahkan kompos agar bunga tumbuh subur
  3. Bunga ini suka berada di bawah terik matahari saat pagi dan teduh saat sore hari
  4. Siapkan tanah sedalam panjang akar dan usahakan 3 kali lebih lebar
  5. Tanamlah pada lubang tersebut dan isilah kembali dengan tanah lalu siram menggunakan air
  6. Siramlah menggunakan air secara keseluruhan
  7. Berilah jarak antar tanaman, idealnya 3-10 kaki


Cara Merawat Bunga 3 Bulan:

  1. Untuk usia 1 hingga 2 tahun sejak penanaman, pastikan tanaman mendapatkan asupan air yang cukup, jika tidak daun akan layu.
  2. Jika lingkungan tanah Anda tidak subur, tak perlu menambahkan pupuk karena terlalu banyak memberikan pupuk bisa menghasilkan bunga yang sedikit.

Cara Mengubah Warna Bunga 3 Bulan:

Seperti yang sudah dibahas tadi, warna bunga 3 bulan tergantung pada pH tanah. Jadi, bukan tidak mungkin untuk mengubah warna bunga ini. Namun, Anda memerlukan waktu yang cukup lama, yakni beberapa minggu hingga bulan.


Baca Juga: Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Cempaka Kuning


Proses perubahan warna ini tidaklah sama. Buktinya mengubah warna bunga dari biru ke merah muda lebih gampang dibandingkan dengan merah muda ke biru. Berikut langkah-langkah untuk mengubah warna bunga 3 bulan:

  1. Uji pH tanah Anda
  2. Untuk mendapatkan bunga warna biru, Anda perlu menurunkan kadar tanah dengan menambahkan sulfur atau tanah gambut. Sedangkan untuk mengubah warna bunga menjadi merah muda, Anda perlu menambahkan kapur di sekitar tanah.
  3. Pada musim gugur, warna bunga 3 bulan secara alami akan memudar. Hal ini menandakan bunga tersebut telah tua. Tapi tahun berikutnya akan berbunga kembali pada warna aslinya.


Fakta Menarik Bunga 3 Bulan

  1. Bunga 3 bulan adalah spesies terbesar yang berada di Asia Timur
  2. Di toko bunga modern barat, bunga hydrangea sering dijadikan sebagai buket pernikahan
  3. Hydrangea sering dijadikan kado pernikahan ke-4 dengan makna rasa terima kasih dan rasa yang tulus
  4. Bunga hydrangea dapat mekar dengan berbagai formasi. Formasi paling populer ialah mophead yang menghasilkan kembang besar dan bulat.
  5. Jenis hydrangea serrata dijadikan teh saat acara ritual budha sebagai pembersih patung budha setiap tahun

Nah, itu dia cara menanam dan merawat bunga 3 bulan yang bisa Anda tiru. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama