Cara Budidaya Ikan Tawar Lengkap Untuk Pemula

cara budidaya ikan tawar

Apakah Anda sedang mencari Cara budidaya ikan tawar yang benar ? atau Anda seorang pemula yang ingin memulai bisnis tersebut? Tenang, Anda sudah berada pada artikel yang tepat. Untuk menjawab pertanyaan Anda semua, simak arikel ini baik-baik ya.


Permintaan ikan yang terus bertambah membuat budidaya ikan tawar juga terus meningkat untuk memenuhi permintaan tersebut, baik lokal maupun non-lokal. Hal itu disebabkan karena jumlah penduduk yang terus berkembang dari waktu ke waktu.


Tak jarang orang memanfaatkan situasi ini untuk melakukan budidaya ikan tawar. Selain itu, budidaya ikan tawar juga lebih mudah dibandingkan ikan laut.


Cara Budidaya Ikan Tawar yang Benar

Menurut laporan badan pangan, konsumsi ikan perkapita penduduk dunia melonjak menjadi 19,6 kg per tahun, laporan ini dibuat pada tahun 2021. Bukan hanya ikan laut. Namun, konsumsi ikan tawar juga terus meningkat.

Berikut cara-caranya jika Anda ingin budidaya ikan tawar:


1. Siapkan lahan

Cara pertama adalah menyiapkan lahan yang tepat sesuai jenis ikan yang akan Anda pelihara. Anda bisa memilih kolam beton, kolam terpal, akuarium dan kolam tanah sebagai tempat bibit ikan.


Memilih lahan yang tepat berguna untuk membantu pertumbuhan ikan sebaik mungkin. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan kedalaman kolan dan paparan sinar matahari.


Hal yang banyak disepelekan para peternak ikan adalah menyediakan tempat yang mendukung seperti kedalaman kolan dan suhu air. Kedalaman kolam dan suhu air berperan penting karena dapat mempengaruhi kualitas ikan.


Oleh karena itu, usahakanlah sebelum memulai budidaya ikan, Anda sudah menyiapkan semuanya secara matang.


Tips tambahan ini, jika Anda hanya memiliki dana pas-pasan, Anda boleh milih kolam terpal. Tapi ingat, pilihlah terpal yang tebal dan kuat.


2. Siapkan bibit

Cara kedua siapkanlah bibit berkualitas. Anda bisa memilih ikan sesuai karakteristik wilayah agar proses perawatannya mudah. Bibit berkualitas adalah bibit yang bebas penyakit.


Untuk tahap kedua ini ada 2 cara yang bisa Anda pilih yaitu membeli bibit dari toko ikan atau mengembangbiakkan bibit.


3. Menebarkan bibit

Cara budidaya ikan tawar selanjutnya adalah menebarkan bibit ikan yang sudah Anda beli atau dikembangbiakkan. Tebarkan sesuai dengan kapasitas kolam, jangan sampai terlalu padat. Sebelum ditebarkan lakukanlah aklimatisasi agar mengurangi risiko ikan stress akibat tidak bisa beradaptasi dengan baik.


Soal pemberian pakan itu tergantung jenis ikan yang akan Anda budidayakan ya. Tapi sebaiknya jangan sampai memberikanpakan yang berlebihan karena di dalam kolam sudah ada hewan kecil dan plankton yang bisa menjadi pakan alami ikan.


4. Kelola air sebaik mungkin

Seperti yang sudah dibahas tadi, suhu air mempengaruhi kualitas ikan air tawar. Oleh karena itu, aturlah suhu air sebaik mungkin. Biasanya suhu yang sering digunakan ialan 25-30 C.


Serta rutinlah mengganti air agar kebersihan kolam tetap terjamin, serta jangan sampai ada daun yang mencemari kolam ikan.


5. Jaga kondisi kolam

Ikan yang masih muda rentan terkena penyakit dan hal ini yang biasanya mempengaruhi sukses atau tidaknya seorang peternak ikan. Ketika ada satu ikan terkena penyakit, pindahkan ke tempat lain agar mengurangi risiko menular.


Lalu yang harus Anda lakukan pada ikan yang terkena penyakit adalah mengobatinya, sekarang obat ikan sudah tersedia di beberapa toko ikan. Namun, pastikan dulu penyakit apa yang dialami ikan.


Cara Budidaya Ikan Tawar

Demikianlah cara budidaya ikan tawar yang bisa Anda ikuti terutama bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama