Memahami Karakteristik Bunga Anting Anting Beserta Manfaatnya

bunga anting anting


Bunga anting anting (Acalypha indica L.) merupakan salah satu tanaman herbal alami yang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Bunga ini mengandung berbagai senyawa yang dapat digunakan untuk pengobatan.


Tanaman anting-anting memiliki beberapa nama yang berbeda-beda pada setiap daerah, seperti akar kucing-kucingan (Jawa), ceka mas (Melayu), dan lelatang (Sunda). Berikut informasi tentang karakteristik, kandungan kimia, manfaat hingga harga dari tanaman anting-anting.


Karakteristik Tanaman Anting Anting

Tanaman anting-anting merupakan tanaman dari keluarga gulma yang biasanya dijumpai di rerumputan, pinggir jalan, dan sungai. Lalu, bagaimana karakteristik tanaman anting-anting tersebut? Yuk simak ulasan berikut.


Bunga

Bunga dari tanaman anting-anting berumah satu serta mempunyai kelamin tunggal. Bunga anting-anting bentuknya kecil pada rangkaian seperti malai dan biasanya muncul pada ketiak daun.


Buah

Tanaman anting-anting menghasilkan buah dengan bentuk kecil dan berwarna hitam.


Daun

Daun tanaman anting-anting berbentuk bulat lonjong yang terletak berselang-seling pada batang. Ujung dan pangkal daun tanaman anting-anting berbentuk lancip, sementara pada bagian pinggir daun bergerigi. Daun tanaman anting-anting memiliki panjang antara 2,5-8 cm dan lebar 1,5-3,5 cm.


Batang

Batang tanaman anting-anting memiliki garis yang memanjang dan dapat bercabang. Biasanya, tanaman Anting-anting memiliki tinggi sekitar 30 cm hingga 50 cm.


Kandungan Kimia Tanaman Anting Anting

Bagian dari tanaman anting-anting yaitu daun, batang, dan akar mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Kandungan kimia dalam tanaman anting-anting di antaranya adalah saponin, tanin, flavinoid, triterpenoid, steroid, dan minyak atsiri.


Selain itu, daun tanaman anting-anting mengandung senyawa quercetin yang dapat menghambat kinerja enzim xantin oxidase. Enzim tersebut merupakan enzim yang berperan dalam pembentukan asam urat.


Manfaat Bunga Anting-anting

Sebagai tanaman herbal, bunga ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan kandungan senyawa yang sudah dibahas sebelumnya, tanaman anting-anting dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Lalu, apa manfaat dari kandungan tersebut? Berikut ulasannya.


Mengobati Diare

Tanaman anting-anting, terutama daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare. Daun tanaman anting-anting memiliki senyawa yang dapat membersihkan bakteri jahat yang ada dalam sistem pencernaan.


Mengobati Penyakit Dermatitis

Manfaat dari tanaman anting-anting selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit dermatitis. Dermatitis merupakan sebuah penyakit kulit karena adanya peradangan, seperti ruam, kering, gatal, atau bersisik.


Menyembuhkan Luka (Hemostatis)

Tanaman anting-anting juga dimanfaatkan untuk mengobati luka yang ada pada kulit. anting-anting dipercaya memiliki senyawa yang dapat menghentikan pendarahan luka, mempercepat penyembuhan luka sehingga luka dapat kering secara alami.


Mengatasi Batuk

Manfaat lain dari daun anting-anting yaitu dapat mengobati batuk. Kandungan senyawa dalam daun anting-anting dapat meredakan batuk dengan cara mencairkan dahak yang ada di tenggorokan.


Menghentikan Muntah Darah (Hematemesis)

Daun tanaman anting-anting juga berkhasiat untuk menghentikan muntah darah. Senyawa dalam daun anting-anting dapat menghentikan pendarahan dengan cara mengatasi rasa mual pada perut sehingga tidak terjadi muntah darah.


Melancarkan Saluran Kemih (Diuretik)

Tanaman anting-anting juga bermanfaat sebagai peluruh kencing (diuretik) sehingga membuat buang air kecil menjadi lancar.


Harga Tanaman Anting Anting

Harga tanaman anting-anting sangat bervariasi tergantung dengan ukurannya. Untuk benih, harganya dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan dan tanaman anting-anting dewasa dibanderol dengan harga Rp 30 ribuan.


Tentunya, harga pada setiap toko maupun e-commerce berbeda-beda. Untuk memperoleh tanaman anting-anting, Anda dapat membelinya di toko tanaman terdekat atau secara online melalui beberapa platform yang sudah ada.


Dengan berbagai manfaat yang diberikan, tanaman ini sangat direkomendasikan untuk dipelihara di rumah. Selain berkhasiat, bunga anting-anting yang indah akan mempercantik pekarangan rumah Anda.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama