Resep Kue Cum Cum | Cream Horn Pastry Enak Ala Rumahan Tradisional

resep kue cum cum


Salah satu cemilan manis yang pas untuk menemani waktu santai Anda ketika pagi atau sore hari adalah kue cum cum. Alias kue cream horn pastry. Jika diperhatikan dari namanya, cream horn pastry, mungkin banyak di antara Anda yang angkat tangan kalau disuruh buat.


Karena kayaknya susah dibuat ya. Padahal sebenarnya, cara membuatnya bahkan sangat mudah loh. Kalau penasaran seberapa mudah proses pembuatannya, Anda bisa mempraktekkan resep kue cum cum berikut ya.


Apasih Kue Cum Cum Itu ?

Sebelum membahas resep kue cum cum, ketahui dulu pengertiannya nih. Jadi, kue cum cum ini adalah kue kering dengan bentuk yang cukup unik. Ia dibuat dengan menggunakan pastry yang bentuknya spiral kerucut.


Pada umumnya, ia akan diisi dengan buah segar, es krim, atau yang lainnya di bagian tengahnya. Sehingga memiliki sensasi tersendiri ketika Anda menyantapnya.


Resep Kue Cum Cum Ala Rumahan

Gimana, pasti tertarik dong untuk membuat kue cum cum di rumah? Secara, kalau dari segi bentuk cukup menarik, sementara kalau dari segi rasa tidak perlu ditanyakan lagi. Karena memang selezat itu. Di dalam salah satu postingan TribunStyle, disebutkan, bahwa cara mengeksekusi resep kue cum cum ini sangat mudah.


Karena Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang tidak sampai 20 buah, dengan langkah-langkah yang super simple. Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa kue ini pada umumnya akan diisi dengan ice krim atau buah-buahan.


Sehingga, ia akan cenderung memiliki cita rasa manis. Tapi untuk kali ini, kami akan membagikan resep kue cum cum yang manis dengan gurih. Jadi, buat Anda yang tidak begitu suka dengan cemilan bercita rasa manis, Anda tinggal coba resep yang gurih saja.


Resep kue cum cum manis

Adapun bahan-bahan yang Anda butuhkan dalam membuat kue cum cum isi vla adalah:


2 lembar puff pastry yang instan, mentega untuk mengolesi cetakan, dan 2-3 kuning telur. Sementara untuk isiannya adalah:

 

  • 25 gr tepung maizena.
  • 2 kuning telur.
  • 140 gr gula halus.
  • 25 gr tepung terigu.
  • setengah sendok teh vanili bubuk, atau pasta vanilla.
  • 1 sendok makan mentega.
  • dan 400 ml susu full cream. 


Cara membuat:

Siapkan pastrynya, kemudian taburi kedua sisinya dengan tepung terigu. Tunggu hingga teksturnya agak lunak. Biasanya akan membutuhkan waktu 20 menit. Lalu, potong 1 kulit pastry tadi menjadi 6 bagian.


Giling yang sudah dipotong tersebut satu satu. Usahakan tingkat ketebalannya tidak sampai terlalu tipis. Oleskan cetakan yang berbentuk corong menggunakan mentega. Lalu lilitkan kulit pastry tersebut dari bagian ujung hingga ke atas sampai bentuknya seperti kerucut.


Dalam proses melilitkan, pastikan juga bahwa bagian ujungnya benar-benar tertutup sempurna. Hal ini agar isian yang nantinya Anda masukkan tidak sampai keluar-keluar. Kemudian, panaskan oven. Suhunya 200 derajat Celcius.


Kemudian tinggal oleskan kulit pastry tadi menggunakan kuning telur. Anda bisa menambahkan gula pasir untuk topping. Tapi ini sifatnya hanya opsional ya. Jika sudah, tinggal panggang selama kurang lebih 20 menit.


Apabila sudah matang, tunggu sampai uapnya benar-benar hilang. Lepaskan kue cum cum dari cetakan. Kemudian Anda bisa membuat bagian isiannya. Caranya adalah dengan mencampurkan gula, tepung maizena, dan tepung terigu.


Aduk semuanya sampai rata. Kemudian masukkan susu dengan kuning telur. Aduk kembali sampai rata. Masak bahan isisannya menggunakan api yang kecil sambil terus diaduk. Jika adonannya sudah meletup-letup, itu artinya adonan sudah matang.


Anda tinggal menambahkan margarine saja. Terakhir, masukkan bahan isiannya ke piping bag, lalu masukkn ke horn pastrynya. Gampang kan?


Resep kue cum cum gurih

Resep kue cum cum yang ke dua adalah yang cita rasanya gurih. Pecinta makanan gurih wajib recook nih. Dan untuk kali ini, kita akan menggunakan isian berupa ragout ayam ya. 


Jika saat ini Anda tengah mencari inspirasi cemilan yang isinya ayam, mak boleh banget coba resep ini. Makanan lezat satu ini mempunyai aroma yang sangat menggoda dengan cita rasa yang benar-benar nagih loh.


Berikut adalah bahan-bahan yang meski Anda siapkan :


  • 1 lembar pastry yang berukuran 24 x 24 cm.
  • Chicken ragout.
    • Dada ayam 100 gr, rebus, lalu potong kecil-kecil.
    • 8 buah buncis, potong kecil-kecil juga.
    • Setengah buah wortel, potong dadu kecil-kecil.
    • 1 siung bawang putih, cincang hingga halus.
    • 1 sendok makan margarine.
    • Setengah buah bawang bombay, cincang sampai halus.
    • 60 gr keju. Bisa yang cheddar dan mozza.
    • 1 sendok makan tepung terigu.
    • 150 ml susu cair.
    • Gula secukupnya.
    • Garam secukupnya.
    • Setengah sendok teh merica bubuk.
  • Bahan olesan
    • 1 kuning telur.
    • 1 sendok teh susu cair.
  • Pelengkap.
    • Daun parsley dengan tomat cherry yang dipotong-potong kecil.

Cara membuat:


Membuat Ragout Ayam

Yang akan kita buat pertama adalah bagian isiannya atau ragout ayam.

  1. Pertama, panaskan margarine,
  2. kemudian tumis bawang bombay dengan bawang putih yang sudah dicincang halus,
  3. lalu masukkan buncis dengan wortel, tumis sampai benar-benar layu.
  4. Tambahkan dada ayam cincang tadi, aduk sampai rata.
  5. Masukkan terigu, langsung aduk-aduk secara cepat,
  6. Tambahkan susu cair secara perlahan, sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, masak hingga teksturnya kental, 
  7. Masukkan keju, biarkan saja sampai kejunya meleleh.
  8. Tambahkan merica, gula, garam, dan angkat, lalu sisihkan.

Mencetak Kulit Pastry

Jika bagian isiannya sudah ready, sekarang kita akan mulai mencetak. Siapkan dahulu cetakannya!


  1. Di bagian luar, silahkan oleskan dengan menggunakan margarine. 
  2. Siapkan 1 lembar puff pastry, biarkan selama 20 menit dengan suhu ruang.
  3. Taburkan dengan tepung terigu, gilas atau giling sampai memanjang. Panjangnya bisa sekitar 35 cm.
  4. Kemudian potong-potong dengan lebarnya 1,5 cm. Lilitkan ke cetakan, oleskan dengan bahan olesan.
  5. Berikutnya, tinggal panggang saja di dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius.


Anda bisa memanggang kulit pastrynya sampai 20 menit lamanya. Anda bisa menyelesaikannya dengan oven. Jika sudah selesai, tinggal lepaskan pastry dari cetakannya. Tunggu dingin. Akan lebih baik jika Anda mendinginkannya dengan dicooling rack.


Langkah terakhir adalah bagian yang paling seru. Yakni memasukkan isiannya ke dalam pastry. Untuk memudahkan Anda dalam memasukkan isian, masukkan saja isian tadi ke dalam plastic segitiga. Jika sudah, nanti tinggal masukkan ke dalam pastry. Gampang kan?


Jika tadi Anda melakukan proses pelilitan kulit pastry dengan tepat, maka isiannya tidak akan keluar-keluar ya. Sementara apabila proses lilitnya salah, isiannya bisa tumpah-tumpah loh. Tapi, semoga Anda melilitnya dengan benar.


Bagaimana, sangat mudah kan? Karena saat ini, sudah banyak yang menjual puff pastry, sehingga Anda tidak perlu membuatnya sendiri. Jika tertarik membuatnya, yuk segera beli bahan-bahan yang dibutuhkan di toko atau supermarket terdekat. Langsung eksekusi resep kue cum cum nya. Selamat mencoba.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama