Rekomendasi Jenis Budidaya Ikan Air Laut Yang Bikin Untung

budidaya ikan air laut

Budidaya ikan air laut atau Marikultur adalah budidaya organisme laut di dalam air laut, namun tempatnya bisa dimana saja. Seperti perairan pantai atau air asin terlindung hingga di rumah. Banyak makanan yang dihasilkan oleh budidaya laut seperti ikan, rumput laut, produk tepung ikan hingga mutiara.


Inovasi tersebut ditemukan saat mulai terjadinya perubahan iklim dan pencemaran lingkungan yang terus meningkat sehingga menurunkan perolehan ikan. Jika Anda berminat untuk melakukan bisnis dengan budidaya ikan air laut, berikut beberapa jenis ikan yang kami rekomendasikan. Simak artikel ini sampai akhir ya.


Rekomendasi Pilihan Budidaya Ikan Air Laut


1. Ikan kerapu bebek

Kerapu bebek memiliki nama latin Chrimileptes altivelis. Ikan ini satu jenis dengan keluarga Serranidae yang bisa ditemukan di China, Hong Kong, Jepang, Malaysia, dan masih banyak negara lainnya. Memiliki habitat asli di karang laguna pantai.


Di Indonesia sendiri ikan ini sering di budidayakan. Di Hong Kong harga bebek kerapu bisa mencapai 3-4 juta per ekor. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang melakukan budidaya terhadap ikan ini dengan metode karamba.


Ikan ini memiliki nilai harga yang tinggi karena rasanya yang sangat enak dibandingkan jenis ikan yang lain. Tak heran, para pencinta kuliner rela merogoh kocek dalam untuk mencicipi ikan ini.


2. Ikan kerapu macan

Kerapu macan atau Epinephelus fuscoguttatus yang merupakan nama latinnya. Ikan ini adalah jenis kerapu yang bertempat di perairan Indo-Pasifik. Di Indonesia  kerapu macan dan kerapu kertang adalah ikan yang populer. Sayangnya, ikan ini terancam punah karena rusaknya habitat.


Ikan kerapu macan tinggal di perairan yang dangkal, berterumbu karang dan sekitarnya karena termasuk jenis ikan demersal yang menyukai hidup di perairan berterumbu karang.


3. Kerapu sunu

Kerapu sunu memiliki kebiasaan hidup pada kedalaman 3-100 meter dibawah permukaan ait laut. Ikan ini bisa memiliki panjang 50 cm setelah berumur 5 tahun. Kerapu sunu betina akan mulai matang bertelur saat berusia 2 tahun.


4. Ikan kakap merah

Rekomendasi budidaya ikan air laut selanjutnya adalah kakap merah. Ikan ini berasal dari wilayah Atlantik Utara teruta,a Teluk Meksiko dan Karibia. Namun, saat ini sudah menyebar dan banyak di budidayakan di perairan Indonesia.


Kakap merah menjadi sasaran para peternak karena harganya yang mahal serta dagingnya tebal dan lezat.


5. Ikan kakap putih

Ikan ini salah satu jenis ikan yang berpindah keluarga dari Ordo Perciformes ke Latidae. Apalagi ikan kakap putih adalah salah satu komoditas budidaya laut terbaik di Indonesia.


6. Ikan bandeng

Ikan bandeng memiliki nama latin Chanos chanos. Jenis ikan konsumsi ini sangat terkenal di Asia Tenggara. Ikan ini adalah satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae.dalam bahasa Makassar dan Bugis ikan ini dikenal dengan sebutan ikan bolu.


Saat muda, ikan ini disebut nener dikumpulkan oleh orang-orang dari pinggir sungai lalu dibesarkan di tambak. Pakan ikan bandeng pun tidak sulit, bisa dengan apa saja. Setelah besar biasanya memiliki panjang 25-30 akan dijual segar atau beku. Ikan ini bisa diolah dengan cara apa pun baik digoreng, dibakar dan dikukus.


Nah, demikianlah beberapa jenis budidaya ikan air laut yang bisa Anda coba di rumah. Namun, pastikan Anda sudah memahami ilmunya sehingga tidak mengalami kegagalan. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama